Katuranggan sisik kaki, Macam-macam ayam suro, Abar ayam berdasarkan hari primbon, Ciri-ciri ayam bangkok asli, Jenis-jenis katuranggan ayam secara umum

WhatsApp : 081232972009

FB:Satriya Wira Pradana / Ring SWP-BF

CANTEL...!!! JENIS JALU YANG PALING BERBAHAYA

Rabu, 07 November 2012





Jalu cantel / centel merupakan jalu ayam yang berbentuk menyerupai kail atau posisi jalu ayam yang berbentuk melengkung keatas. Dikatakan sebagai jalu yang paling berbahaya karena jalu cantel juga tergolong dalam urutan ayam mistik, karena ayam ini memiliki teknik yang unik dalam berlaga. Dari berbagai pengalaman ayam cantel bila berlaga pukulannya tidak terlihat dalam "Namun" lawan tiba-tiba terluka serius dan lawan menjadi gemetar setelah terkena sayatan dari jalu cantel tersebut.

Posisi jalu cantel yang bagus adalah berada sejajar dengan jari belakang ayam dengan posisi jalu memanjang terlebih dahulu lalu pada bagian ujung jalu melengkung 70-90 derajat keatas sehingga bila mengenai tubuh lawan maka bagian tubuh lawan dapat langsung robek tersayat hingga mengakibatkan luka yang sangat serius, Namun dari segi pengalaman sangat jarang sekali ayam tipe jalu centel ini membunuh lawannya di medan laga karena ayam lawan lebih memilih untuk menghindar atau melarikan diri keluar dari arena laga.

Tips: Disarankan memilih permukaan jalu yang berbentuk halus, padat & berisi dengan postur jalu yang menyerupai gading gajah, jalu seperti ini lebih kuat bila dibandingkan dengan model jalu yang memiliki permukaan yang kasar dan tidak beraturan.

Karena keunikannya Jalu Centel banyak dicari oleh penggemar breeding ayam laga, terutama biang betinanya karena lebih mayoritas dalam menurunkan model jalu centelnya terhadap keturunannya, berbeda dengan jago/pacek centel bila dikawinkan dengan babon cetak sekalipun sangat jarang sekali hasil keturunan yang mengeluarkan jalu centel seperti paceknya apalagi bila babon cetak tersebut bukan keturunan dari ayam jalu melainkan jenis dari babon tipe ayam pukul.

Ayam jenis Jalu Centel ini juga semakin langka keberadaannya sehingga bila ada sekalipun maka harga tentunya juga sangat mahal, terlebih lagi bila ayam tersebut memiliki struktur tubuh, kualitas, dan keturunan petarung yang baik.

Dari sudut pandang mistik, ayam jalu centel juga masuk dalam katagori ayam "Tolak Bala" yaitu jenis ayam yang dapat dijadikan  sebagai penolak datangnya musibah, guna-guna, ilmu hitam dan sejenisnya.

Macam-macam Jenis Ayam Tolak Bala:

  1. cemani.
  2. kinantan putih.
  3. ayam bulu lidi.
  4. ayam berbulu terbalik / pitik walik.
  5. ayam dengan warna hitam polos dipunggungnya saja sedangkan lainnya berwarna putih (bila dilihat dari atas "hitam" bila dilihat dari bawah,samping, dan depan berwarna putih).
  6. ayam yang memiliki jalu melengkung keatas (jalu centel).
  7. ayam yang memiliki dua jalu (satu melengkung ke atas dan satu lagi melengkung kebawah).
  8. ayam yang memiliki 5 jari kaki.

Posting Komentar

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP